KOMUNIKASI
DALAM ORGANISASI
Komunikasi
itu dapat diartikan sebagai alat atau media pengirim informasi. Komunikasi
sangat penting dalam suatu organisasi, karena dengan adanya komunikasi akan
memudahkan kita untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai dari organisasi
tersebut. Banyak penggolongan komunikasi yang bisa kita pakai dalam suatu
organisasi. Salah satunya kita dapat menggunakan komunikasi verbal dan
nonverbal. Komunikasi verbal itu adalah komunikasi yang dilakukan secara lisan
maupun tulisan sedangkan komunikasi nonverbal itu kita bisa mengetahui
komunikasinya dari raut wajah seseorang dan intonasi suaranya. Dalam jaringan
komunikasi pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Contohnya jaringan komunikasi
roda, jaringan ini kecepatannya sangat tinggi namun sulit untuk menyesuaikan
diri terhadap suatu perubahan pekerjaan. Komunikasi dalam suatu organisasi
pasti tidak akan selalu berjalan dengan mulus pasti akan ada saja hambatannya.
Hambatan yang sangat berpengaruh adalah hambatan komunikasi. Karena komunikasi
itu adalah kunci utama dalam menjalankan suatu organisasi agar organisasi
tersebut bisa berjalan dengan lancar dan bisa memecahkan masalah yang sedang
dihadapi.
Pertanyaan
:
1. Dalam
organisasi pasti ada yang aktif dan pasif. Bagaimana cara komunikasi antara
yang aktif dan pasif itu bisa menjadi lancar ?
Jawab
: Didalam suatu organisasi itu kita harus
melakukan musyawarah untuk bisa saling bertukar pikiran. Caranya yang aktif
tersebut merangkul yang pasif tersebut agar yang pasif itu bisa menjadi aktif.
Salah satunya dengan membuat suatu event agar organisasi itu bisa saling
bekerjasama.
2. Jenis-jenis
komunikasi yang paling efisien !
Jawab
: Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa
adanya perantara.
3. Sebutkan
jaringan komunikasi yang paling efisien untuk diterapkan !
Jawab
: Jaringan saluran total, karena mereka berkomunikasi secara langsung tanpa
perantara.
4. Cara
memecahkan masalah hambatan komunikasi dalam organisasi !
Jawab
: Mengatasi dengan umpan balik, penerima harus mengetahui latar belakangnya,
dan susun informasi secara rinci.
5. Upaya
agar organisasi itu bisa menjadi lebih eksis dan mampu menjalankan fungsinya
secara optimal !
Jawab
: Dalam suatu organisasi harus bisa berkomunikasi dengan baik salah satunya
komunikasi antara atasan dengan bawahannya. Kalau komunikasinya baik otomatis
organisasi itu akan tetap eksis.
6. Contoh
kasus masalah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari !
Jawab
:Contoh kasusnya ada salah satu perusahaan yang meminta atasannya agar
perusahannya maju kembali. Salah satunya intansi IBM, intansi ini nonaktif
dalam produksi, ia meminta masukkan agar instansi itu bisa berdiri kembali dan
menjadi aktif lagi.
7. Faktor
utama yang menghambat suatu komunikasi dalam organisasi !
Jawab
: Didalam suatu organisasi pasti ada saja hambatannya. Faktor utama yang
menghambat suatu komunikasi dalam organisasi yaitu faktor manusiawi dan faktor
emosional.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar